Jumat, 10 Februari 2012

bosaann !!

hai semua,
apa kabarnya hari ini?
kalau kabar saya sekarang sedang dilanda penyakit bosan, hiks hiks    :'(
kepala saya terasa pusing dan berat, mata sepat, tubuh penat, otak serasa pekat, kehilangan semangat, 
^ lebay


karena tidak mempunyai kerjaan lain, jadilah saya berangkat menjelajah dunia maya dengan niat mengubur hidup-hidup dan mati-mati rasa bosan tersebut.
mulai buka membuka halaman-halaman akun-akun social network yang saya punyai, nge-cek email, sampai update berita terbaru lewat situs-situs berita online yang kecepatan penyajian beritanya naudzubillah war-wer war-wer...

mulai terobati penyakit saya itu akhirnya,
hingga ketika mulai membuka blog,
terbesitlah ide untuk posting bab    BOSAN,
huhu..



sahabat sekalian pasti pernah donk ngerasain bagaimana “sense of” bosan itu...
ketika dihadapkan oleh rutinitas sehari-hari yang itu-itu saja, sudah pasti kita-kita bakal merasa jenuh.

rasa bosan sangat alamiah dan mudah menjangkiti pribadi manusia.
>>>kapan pun dimana pun :D

sebenarnya apa sih bosan itu?
menurut Kamus Bahasa Indonesia yang saya akses secara online, bosan atau jemu atawa jenuh adalah sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak.

sedangkan menurut Elindasari dalam blog-nya, bosan merup`kan keadaan dimana pikiran menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yang baru, dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu ke waktu.

mengapa hal tersebut bisa terjadi?                *mari kita tanya Galileo [hoho.... ;D]

usut punya usut ternyata hal itu bisa terjadi karena sifat dasar manusia yang tak pernah merasa puas terhadap apa yang telah dimilikinya, wahai para sahabatku....
selain itu, faktor kondisi tubuh, mood, dan pikiran juga turut andil dalam hal ini.
dan faktor-faktor lain yang lungkin ada, hehe....

solusinya?
tak ada jalan lain kecuali “Hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu, maka kita pun akan terbebas darinya,” sebut Elindasari seperti dikutip dalam blog-nya.

maksud dari menikmati kebosanan disini yaitu menjalani derita bosan sambil terus berusaha mencari dan menambahkan hal baru disela-sela kesibukan dan rutinitas yang notabene telah membuat kita terjangkiti virus bosan tadi.
[saya mencoba mengembangkan pengertian versi saya sendiri, wkwkwkwk, ancuuurr mina bahasanya....]

hal baru yang seperti apa?
tentu saja hal-hal baru yang lain dari biasa kita jumpai dan kita jalani sehari-hari.

misalnya,
mengubah posisi meja dan tempat duduk di kantor tempat kita bekerja,
atau dengan mengecat ulang warna dinding kamar agar mood kita lebih fresh.
[rekomendasi dari saya ganti warna ruangan dengan warna-warna yang cerah seperti hijau muda :)]

contoh lain, 
bila kita berangkat ke kantor atau ke kampus/sekolah biasanya dengan mengendarai sepeda motor, coba sekali waktu untuk berangkat lebih pagi dan pergi dengan naek bus atau angkot.

contoh lain [lagi], 
jika hanya musik-musik pop saja yang kita dengar selama ini, coba ganti channel radio/ daftar lagu MP3 ke musij aliran jazz, reagge, dangdut atau keroncong bahkan campursari buat cari suasana baru.
perlu juga untuk mencoba bermain halma, permainan ular tangga, kartu monopoli dan sejenisnya untuk mengisi waktu senggang anda.

sering kita jumpai berbagai macam permainan/ game indoor/outdoor disuguhkan dalam acara-acara pelatihan.
tujuan dasarnya adalah agar peserta dijauhkan dari rasa jenuh akibat mengkonsumsi materi terlalu banyak dari pemateri, selain plus plus lain yang dapat di ambil dari game tersebut.
plus kekompakan, kepemimpinan, keakraban, ke...

dan lain sebagainya....

kalau saya,
ketika bosan mulai melanda, hal yang sering saya lakukan pertama kali adalah mencari udara segar.
bisa dengan keluar ruangan, lalu tarik dan hembuskan nafas sebanyak dan sedalam mungkin.
hal ini agar otak saya terasa segar kembali setelah mendapat asupan oksigen baru.

terkadang malah sengaja jalan-jalan, siapa tahu dapat inspirasi....
*sambil menyelam makan ikan :D

kedua, cari-cari hal yang bisa sedikit menghibur.
setel musik, sms-an dengan teman lama, browsing, maen game, dan sebagainya dan sebagainya....

ketiga, bila ternyata masih merasa jenuh juga, [karena penyakit bosan saya termasuk akut stadium]
saya malah membuka daftar kerjaan saya, yang harus segera saya kerjakan
*biar stress sekalian, huhuhu
karena dengan stress kerja akibat kejar deadline terkadang malah dapat membuat saya lebih giat....
wkwkwkwkwk ====== jangan ditiru please ========

keempat, mulai ubah mindset.
maksudnya, mulai menyemangati diri sendiri dengan lecutan cita-cita dan impian.

sudah kodrat memang jadi manusia tidak pernah bakal merasa puas.
namun, hidup tak akan berwarna jika kita tetap betah berada di zona nyaman saat ini.
kualitas diri juga jadi hanya sebatas “ecek-ecek”.

rutinitas keseharian kita terkadang sebenarnya tak jauh jauh dari bagian perjalanan kita meraih mimpi dan cita-cita kita tersebut. 
paling tidak cita-cita untuk menjadi manusia yang lebih baik.
So, jangan pernah merasa jenuh dalam perjalanan kita/ rutinitas kita.
karena bosan atau jenuh yang tak tertanggulangi akan mengarah pada putus asa.
PUTUS ASA = KEHILANGAN CITA-CITA

keep fight sahabat !!
ketika merasa mungkin tak ada lagi gunanya pekerjaan kalian selama ini karena jenuh,
segera ubah pikiran kalian dan yakini bahwa hal yang anda tempuh saat ini adalah tak akan sia-sia untuk masa depan kalian. [lain halnya kalau kebiasaan dan rutinitas anda adalah mencuri, korupsi, bohong dan sejenisnya lhoo.... ]

kelima, mengatur irama kerja
hmmm... kalo yang satu hni saya dapat masukan dari bapak manajer saya, hoho [pak, anda saya promosikan... huahaha *alay]

jujur saja awalnya saya “agak” bingung apa maksud beliau dari kata-kata “mengatur irama kerja”, hoho...
namun akhirnya, yang saya pahami kemudian adalah bahwa kita kudu pinter-pinter ngatur waktu kita.

dalam memanajemen waktu, ada baiknya antara rutinitas dengan kegiatan sehari-hari diatur sesuai porsi kita, terhadap kondisi fisik, keefektifan waktu, urgen atau tidaknya, dan mood/ suasana hati/emosi.

rutinitas tetap berjalan sebagaimana biasanya, kegiatan lain sebagai tambahan lah yang perlu kita atur sedemikian rupa sebagai variasi. 
kegiatan ini dapat kita optimalkan sebagai waktu “bermain” untuk menyegarkan otak kita.

usahakan jangan sampai jatah waktu istirahat kita juga jadi berkurang. 
bila datang waktunya untuk tidur segeralah tidur. 
kurang tidur adalah salah satu penyebab anemia. 
jika terkena anemia tubuh akan cepat merasa lelah. 
karena cepat lelah konsentrasi kita terhadap pekerjaan juga kurang fokus, akibatnya keefektifan kerja jadi berkurang. 
kerja tidak efektif mengantarkan hasil yang tidak optimal pula. 
jika hal ini terus menerus dipelihara, lama kelamaan pasti kita akan merasa cepat bosan.

sedikit banyak itu yang dimaksud oleh beliau, :D
[maybe I need to more learn about it from you again Sir... hehe]

oke friends,
itulah yang ingin saya bahas dalam postingan kali ini,
jika banyak kurangnya dari artikel ini mohon di koment dan beri masukan,
biar saya juga nggak bosan bosan buat buka blog and bikin postingan baru dengan tema lain, hahaha....

moga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar